Kamis, 25 Oktober 2012

Tikar Tatami




Tikar tatami adalah alas lantai tradisional Jepang. Tatami dibuat dari jerami padi yang dipadatkan dan bagian luarnya dilapisi anyaman sejenis rumput yang dikenal dengan nama igusa. Belakangan jerami padi itu seringkali digantikan dengan bahan-bahan styrofoam. Ciri khas tikar tatami ini adalah karena musim panas terasa sejuk dan di musim dingin terasa hangat.

Tatami yang biasa dipakai di kawasan Kanto ukuran panjangnya 176 sentimeter dan lebar 88 sentimeter. Di kawasan Kansai ukurannya sedikit lebih besar lagi.

Tatami sejak dulu digunakan di rumah-rumah orang Jepang. Tapi seiring demgan meningkatnya pengaruh gaya barat, jumlah rumah dengan tikar tatami ini semakin berkurang. Namun tidak sedikit juga rumah-rumah atau kondominium bergaya barat yang paling tidak masih memiliki satu ruangan gaya Jepang lengkap dengan tikar tataminya.

Ukuran sebuah ruangan di Jepang seringkali ditandaia dengan jumlah tikar tatami yang muat di dalamnya. Jadi kalau anda langsung bisa membayangkan seperti apa luas sebuah ruangan berukuran 6 tikar tatami, maka anda sudah bisa dibilang mengenal betul kehidupan di Jepang.


sumber : www.nhk.or.jp

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

give your coment for progress us and thanks for your atention..!