Sabtu, 20 Oktober 2012

Perkembangan perkoperasian di Indonesia


 ANALISIS JURNAL

Judul : Perkembangan perkoperasian di Indonesia

Nama pengarang : Nurul Hasanah

Tahun : 8 Desember 2012
Tema : Koperasi Di Indonesia
Latar belakang :
            Koperasi    merupakan     lembaga     dimana    orang-orang     yang   memiliki kepentingan  relatif homogen  berhimpun  untuk  meningkatkan  kesejahteraannya. Konsepsi  demikian    mendudukkan  koperasi  sebagai      badan   usaha  yang    cukup strategis  bagi  anggotanya  dalam  mencapai  tujuan-tujuan  ekonomis  yang  pada gilirannya  berdampak     kepada   masyarakat    secara   luas.  Di  sektor  pertanian misalnya,   peranserta   koperasi  di  masa   lalu cukup    efektif untuk  mendorong peningkatan produksi khususnya di subsektor pangan. Selama era tahun 1980-an, koperasi   terutama   KUD    mampu     memposisikan     diri sebagai   lembaga    yangdiperhitungkan   dalam   program   pengadaan     pangan   nasional.  Ditinjau dari sisi produksi pangan khususnya  beras, peran signifikannya  dapat  diamati dalam  hal penyaluran  prasarana  dan sarana  produksi  mulai dari pupuk, bibit, obat-obatan, RMU sampai dengan pemasaran gabah atau beras. Meskipun demikian dari sisi konsumsi, ketersediaan bahan pangan bagi konsumen seringkali menjadi bahan perbincangan sebab jaminan kualitas dan kuantitas tidak selalu terpenuhi.
            Sementara  itu,  di  dalam  negeri  telah  terjadi  berbagai  perubahan  seiring dengan    berlangsungnya    era  globalisasi dan   liberalisasi ekonomi   dan   kondisi tersebut  membawa     konsekuensi  serius    dalam   hal pengadaan    bahan   pangan. Secara    konseptual   liberalisasi ekonomi    dengan    menyerahkan     kendali  roda perekonomian kepada  mekanisme pasar ternyata dalam prakteknya belum tentu secara  otomatis  berpihak  kepada  komunitas  ekonomi  lemah  atau  kecil. 
            Kondisi yang  relatif  identik berlangsung di sektor pangan dan diperkirakan karena belum tertatanya  sistem  produksi dan distribusi dalam  mengantisipasi  perubahan yang sudah terjadi. Semula peran Bulog sangat dominan dalam pengadaan pangan dan penyangga    harga   dasar,  tetapi sekarang    setelah  tiadanya  paket   skim  kredit pengadaan     pangan   melalui  koperasi   dan   dihapuskannya    skim   kredit pupuk bersubsidi  maka    pengadaan    pangan    hampir  sepenuhnya     diserahkan   kepada mekanisme     pasar.  Sebagai   dampaknya,    peran   koperasi  dalam   pembangunan pertanian dan ketahanan pangan semakin tidak berarti lagi. Bahkan sulit dibantah apabila  terdapat   pengamat    yang   menyatakan     bahwa    pemerintah   tidak  lagi

Fenomena :
1.      Para pengusaha dan petani ekonomi lemah sering kali menjadi hisapan kaum tengkulak dan lintah darat.
2.      Bahwa perekonomian di Indonesia atas dasar koperasi harus menggunakan azas kekeluargaan.
Motivasi Penelitian :
Dengan penelitian ini mungkin kita dapat mengetahui sejarah perkoperasian di Indonesia dari masa penjajahan samapai masa kemerdekaan, dan supaya koperasi yang didirikan ini mampu mensejahterakan para anggota-anggota koperasi.
Masalah :
Masalah yang dihadapi adalah kita seringkali tidak memahami prinsip-prinsip koperasi dan mekanisme koperasi yang ada di Indonesia, dan betapa pentingnya koperasi tersebut didirikan dari sejarahnya yang sangat panjang dan istimewa mulai dari masa penjajahan sampai merdeka, dan koperasi di Indonesia mampu bertahan dan berkembang. Koperasi di Indonesia memang belum dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan dengan skala menengah yang bertujuan mencari profit, tetapi cepat atau lambat pasti koperasi di Indonesia akan mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan baik skala kecil, menengah, ataupun besar seperti koperasi yang ada di luar negeri, contohnya Di Amerika, Inggris, dan negara eropa lainnya.
Tujuan penelitian :
Tujuan dari penelitian saya bahwa agar kita sebagai generasi muda mendatang dapat lebih mengerti an memahami maksud dari didirikannya koperasi tersebut, dan semoga perkoperasian di indonesia dapat lebih berkembang dan maju dalam mensejahterakan anggota-anggota koperasi.
Sumber :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

give your coment for progress us and thanks for your atention..!