Senin, 20 Desember 2010

Aktivitas Gunung Raung Meningkat

           Aktivitas gunung merapi yang meningkat di Tanah Air kembali bertambah Kali ini Gunung Berapi Raung di Banyuwangi, Jawa Timur. Rabu (1/12), gunung berapi itu mengeluarkan abu vulkanik. Akibatnya, sebagian wilayah di Kabupaten Bondowoso diguyur hujan abu vulkanik, seperti di Kecamatan Sumber Beringin. Sebelumnya, November silam, gunung itupun sempat menyemburkan awan panas.        
             Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur dengan ketinggian 3.332 meter dari permukaan laut selama satu bulan terakhir terus menunjukkan peningkatan aktivitasnya sehingga warga yang berada di kaki gunung berapi tersebut diminta waspada. Peningkatan aktivitas gunung berapi yang berada di wilayah Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso itu ditandai dengan munculnya gempa tremor yang menyemburkan kepulan asap dan abu panas vulkanik sebanyak 25 kali.    
       Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 meter diatas permukaan laut di perbatasan Banyuwangi - Jember, Banyuwangi - Bondowoso dan Banyuwangi - Situbondo. Masyarakat di sekitar wilayah tersebut diminta waspada terhadap munculnya hujan abu. Meski intensitasnya masih rendah, selain mengancam kesehatan manusia, juga dapat merusak tanaman pertanian.
Sementara itu, meski mengalami peningkatan aktivitas hingga menyebabkan terjadinya hujan abu, pihak Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi Bandung masih menyatakan Gunung Raung dalam status aktif normal. Masyarakat yang  bermukim di sekitar kaki Gunung Raung masih dalam kawasan cukup aman.                 Dengan adanya peningkatan
aktivitas gunung berapi yang lama tidak menunjukkan kegiatannya itu warga harus mulai mewaspadainya, terutama terhadap abu vulkaniknya. Warga yang berada di kaki gunung berapi itu sudah harus mewaspadai semburan abu panas. Semburan abu panas Gunung Raung selain pekat dan panas, juga bisa menggangu pernapasan manusia sehingga warga yang berada di kaki gunung berapi itu harus bisa mengantisipasinya. Namun sejauh ini belum ada dampak yang signifikan terhadap peningkatan aktifitas Gunung Raung tersebut, baik bagi manusia maupun tanaman yang ada di kaki Gunung Raung.

       Bencana alam yang terjadi akhir-akhir ini di Indonesia
merupakan suatu fenomena alam yang tidak dapat diganggu gugat, hal tersebut adalah mutlak secara alamiah. Kita sebagai manusia hanya dapat mencegah resiko-resiko yang tidak diinginkan seperti jatuhnya korban jiwa. Semoga kita dapat mengambil hikmahnya bencana-bencana yang terjadi di negri kita Indonesia.
                                                                                                                                                                                                                      

                                               

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

give your coment for progress us and thanks for your atention..!