1.TIPE-TIPE
SITUASI KONSUMEN
Secara garis
besar jenis/tipe situasi konsumen dibagi menjadi 3 sesuai dengan waktu
kegunaannya yaitu :
1.Situasi
Komunikasi
Situasi
Komunikasi adalah suasana atau lingkungan dimana konsumen memperoleh informasi
atau melakukan komunikasi. Komunikasi yg dilakukan bisa bersifat pribadi atau
nonpribadi
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
Konsumen mungkin memperoleh informasi melalui :
a.
Komunikasi Lisan dengan teman, kerabat, tenaga penjual, atau wiraniaga
b.
Komunikasi non pribadi, seperti iklan TV, radio, internet, koran, majalah,
poster, billboard, brosur, leaflet dsb
c. Informasi
diperoleh langsung dari toko melalui promosi.
2.
Situasi Pembelian
Situasi
Pembelian adalah lingkungan atau suasana yang dialami/dihadapi konsumen ketika
membeli produk dan jasa. Situasi pembelian akan mempengaruhi pembelian.
Misal:
Ketika Konsumen berada di bandara, ia mungkin akan bersedia membayar sekaleng
Coke berapa saja harganya ketika haus. Sebaliknya, jika ia berbelanja Coke di
swalayan dan mendapatkan harganya relatif lebih mahal, ia mungkin sangat
sensitif terhadap harga. Konsumen tsb mungkin akan menunda pembelian Coke dan
mencari di tempat lain.
3. Situasi
Pemakaian
Misal:
Konsumen Muslim sering memakai kopiah dan pakaian takwa pada saat sholat atau
pada acara keagamaan. Kebaya akan dipakai kaum wanita pada acara pernikahan
atau acara resmi lainya, dan jarang digunakan untuk pergi bekerja. Para
Produsen sering menggunakan konsep situasi pemakaian dalam memasarkan
produknya, produk sering diposisikan sebagai produk untuk digunakan pada
situasi pemakaian tertentu. Misalnya, ada pakaian resmi untuk ke pesta, pakaian
olahraga, pakaian untuk kerja, pakaian untuk santai dan berolahraga.
2.INTERAKSI
INDIVIDU DENGAN SITUASI
Situasi
konsumen meningkat bila selang waktu sejak saat makan mereka bertambah. Muncul
untuk konsumen yang kelebihan berat. Dengan demikian, pengaruh situasi dari
waktu sejak saat makan mereka yang terkhir bergantung kepada jenis konsumen.
Ide bahwa
konsumen tidak homogen dalam respons mereka terhadap factor situasi memilki
implikasi penting untuk pemasangan pasar. Karena konsumen yang berbeda mungkin
mencari mafaat produk yang berbeda, yang dapat berubah melintasi situasi
pemakaian yang berbeda.
3. PENGARUH
SITUASI TAK TERDUGA
Bagaimana
seseorang mengerti akan potensi dari pengaruh situasi yang tak terduga yang
dapat merusak keakuratan ramalan yang didasarkan pada maksud pembelian , yang
tadinya dia tidak mau embeli barang tapi karena suatu hal jadi membeli
barang tersebut. Misalkan seorang ibu yang sedang berhemat, pasti akan mencari
informasi tentang harga-harga kebutuhan pokok, melalui surat kabar/Koran atau
mungkin akan mendatangi tempat kebutuhan tersebut. Ketika ibu tersebut sudah
mendapat informasi secara jelas tentang harga-harga barang yang naik dan mana
harga barang yang turun tentu dia akan mengevaluasi hasil tersebut dan membeli
kebutuhan sesuai dengan kemampuannya.(Situasi komunikasi)
Sumber :
http://zanbakhu.blogspot.com/2011/12/perilaku-konsumen-pengaruh-situasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
give your coment for progress us and thanks for your atention..!