Kamis, 17 November 2011

Peran Aktif Anggota Koperasi Terhadap Kontribusi Kesejahteraan Anggota Koperas

Koperasi merupakan badan usaha yang berbadan hukum yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan para anggotannya dan bukan untuk mencari keuntungan demi kepentingan pribadi dari pendirian koperasi tersebut. Anggota koperasi sangat besar perananya dalam memajukan atau berkontribusi dalam kesejahteraan para anggota koperasi. sejahtera atau tidaknya koperasi tersebut tergantung juga dengan partisipasi para anggotannya, karena tanpa partisipasi dari para anggota mungkin koperasi akan mengalami hambatan atau masalah karena sukses tidaknya koperasi tersebut tergantung dari para anggota koperasi tersebut. Anggota Koperasi mempunyai makna yang sangat strategis bagi pengembangan Koperasi, anggota dapat berfungsi sebagai pemilik dan sekaligus sebagai pengguna jasa atau sering disebut dual identity of the member sebagai karakteristik utama Koperasi yang tidak dimiliki oleh bentuk perusahaan lain. Sebagai pemilik harus berpartisipasi dalam penyetoran modal, pengawasan, dan pengambilan keputusan, dengan harapan akan memperoleh pembagian SHU yang memadai, tetapi kenyataannya sangat sulit untuk mencapai tujuan tersebut. Harapan satu-satunya adalah berpartisipasi dalam memanfaatkan pelayanan Koperasi atau anggota sebagai pengguna jasa, dari fungsi ini anggota berharap dapat memperoleh nilai tambah berupa manfaat ekonomi yang disebut sebagai promosi ekonomi anggota. Oleh karena itu mengukur keberhasilan Koperasi jangan hanya dilihat dari sisi kemampuan Koperasi dalam menghasilkan SHU, tetapi yang utama harus dilihat dari kemampuan dalam mempromosikan ekonomi anggotanya.
Kontribusi adalah bentuk nyata dari partisipasi anggota sebagai rasa memiliki koperasi terhadap pelayanan yang disediakan koperasi dalam kegiatan produksi, atau bentuk nyata partisipasi anggota sebagai pengguna layanan yang disediakan koperasi dalam kegiatan produksi. Dengan kata lain koperasi melayani anggota, anggota berpartisipasi. Pelayanan yang disediakan koperasi terdiri dari berbagai bentuk (jumlah dan jenis) layanan, sedangkan kontribusi anggota terdiri dari berbagai bentuk (jumlah dan jenis) keikutsertaan. Pelayanan adalah kumpulan/ himpunan unsur-unsur layanan dari koperasi dan demikian pula partisipasi yaitu kumpulan/himpunan unsur-unsur peran serta anggota. Layanan koperasi yang digunakan anggota dan kontribusi anggota pada kegiatan koperasi, merupakan kegiatan yang menyatu atau timbal balik dalam bentuk item yang sama dengan sudut pandangyang bebeda.
Oleh karena itu partisipasi anggota akan sangat berpengaruh dan menentukan terhadap kontribusi kesejahteraan anggota koperasi, karena bagian yang paling penting dan sangat berperan aktif dalam kemakmuran dan kesejahteraan anggota koperasi adalaha anggota itu sendiri.

1 komentar:

  1. mas,boleh minta referensinya gak? khususnya tentang pengertian kontribusi diatas, untuk referensi thesis saya. tolong krm ke email saya ya mas vitaaathehero@yahoo.com makasii :D

    BalasHapus

give your coment for progress us and thanks for your atention..!